Penggunaan Stik pada Kiln Dry

Di dalam gudang penumpukan, kayu gergajian seharusnya dikategorikan sesuai jenis kayu dan ukuran. Ukuran yang sama diletakkan pada tumpukan kayu yang sama dan buat tumpukan lain untuk ukuran yang berbeda, baik itu ukuran tebal, panjang ataupun lebar. Ukuran tebal sebagai prioritas utama kategori. Hal ini juga berlaku untuk penumpukan di dalam ruang pengeringan kayu (Kiln Dry Chamber).

Penting! mengeringkan jenis kayu yang berbeda sangat tidak disarankan karena akan mempengaruhi hasil akhir level MC dan figur yang ditunjukkan oleh MC meter di dalam ruang KD.

Stik kayu untuk KD.
Bertujuan untuk memberikan ruang di antara kayu sebagai ventilasi udara dan jalan keluar udara lembab serta penyebaran panas di dalam ruang KD. Peletakan stik antar kayu yang sejajar dan seimbang membantu penahanan berat kayu menjadi seimbang sehingga resiko kayu melengkung atau melintir bisa dikurangi.
Beberapa hal penting pada pemakaian stik kayu yang perlu diperhatikan:
(1) Lebar stik sebaiknya minimal sama dengan ketebalan kayu yang dikeringkan. Ini untuk menjaga kestabilan posisi kayu di dalam tumpukan.
(2) Tebal stik harus sama. Paling ideal adalah minimal 20mm untuk kayu tipis, apabila kayu yang dikeringkan lebih tebal, ketebalan stik sebaiknya 1/2 dari tebal kayu. Apabila stik tidak sama tebal, ruang udara untuk ventilasi akan berbeda pada setiap ujung kayu sehingga mengakibatkan perbedaan hasil pengeringan pada satu batang kayu yang sama.

Selain itu apabila ketebalan stik kayu terlalu kecil akan membuat aliran udara di dalam KD lebih lambat sehingga waktu pengeringan lebih lama.
(3) Panjang stik kayu, diposisikan melintang tumpukkan harus menutupi seluruh lebar tumpukan dengan toleransi maksimal 5% lebih pendek.
(4) Antar stik harus diberi jarak sejauh mungkin untuk ruang udara, tapi juga jangan terlalu jauh agar beban berat kayu seimbang. Jumlah stik yang ideal adalah 3 batang sepanjang kayu.
(5) Sangat penting peletakan stik kayu berada pada jarak yang sama dalam satu tumpukan.

Dengan adanya beberapa rekomendasi di atas, stik harus dikategorikan dengan hati-hati. Stik yang berbeda tebal harus dipisahkan dengan cara memberi warna cat yang berbeda pada penampang stik kayu untuk tebal yang berbeda. Misalnya stik tebal 20mm berwarna hijau dan stik tebal 30mm berwarna kuning dan seterusnya.

0 comments:

Post a Comment