List Samping Papan Buatan

Untuk menutup kelemahan papan buatan pada sisi tebalnya, kita perlu menutup sisi tebal papan buatan dengan bahan lain sehingga air tidak mudah masuk. Ada berbagai cara dan jenis bahan yang bisa dilakukan. Penutupan sisi tebal ini dikenal dengan sebutan 'lis samping'. Bahan paling mudah yaitu dengan kayu solid. Saat ini pula sudah lebih banyak variasi bahan seperti plastik, karet atau bahan sintetis lainnya yang akan kita bahas pada artikel terpisah.


Pemasangan lis kayu bisa bermacam-macam cara dan fungsi. Kita akan mulai dengan melihat dari konstruksinya dahulu.

Tempel Biasa
Tidak ada konstruksi apapun kecuali lem. Penampang lis kayu hanya berbentuk persegi panjang, bujursangkar atau setengah lingkaran tergantung desain. Tetapi bagian yang datar yang menempel ke sisi tebal papan buatan.

Lidah & Alur
Lis kayu sebagai lidah konstruksi dan alur dibuat sepanjang sisi tebal papan buatan. Tetap harus memperhatikan aturan membuat pen & lubang. Konstruksi yang bagus karena bidang lem lebih luas dan lis kayu menempel lebih kuat pada sisi tebal.

Kayu Isian
Alur dibuat pada lis dan sisi tebal papan buatan. ukuran, jarak dan kedalaman harus sama agar penempatan isian (terbuat dari triplek 4mm) bisa tepat dan seimbang.
(!) Belah kayu isian yang terbuat dari triplek 4mm pada arah yang benar. Panjang kayu isian harus searah dengan serat kayu pada permukaan triple. Ini berarti bagian paling tebal triplek pada arah serat berlawanan dan kuat untuk menahan konstruksi.

Pen Bulat (dowel kayu)
Konstruksi ini biasanya digunakan untuk lis yang lebar dan panjang sehingga akan mempercepat proses pelapisan. Perlu diperhatikan panjang pen bulat yang digunakan dan kedalaman lubang bor pada lis pelapis. Lubang jangan terlalu dalam agar pada waktu 'pembersihan' lis dengan serut manual atau mesin amplas, lubang tidak tembus.

Persiapan kayu untuk lis sebelum pemasangan perlu diperhatikan. berikan kelebihan tebal lis kira-kira 1-2mm pada setiap permukaan plywood. Apabila anda menggunakan plywood dengan tebal 18mm, berarti buat lis kayu dengan lebar minimal 20mm. Hal ini penting sekali untuk menghindari cacat penempelan lis karena kesalahan konstruksi, lubang tidak tepat di tengah, cacat fisik kayu atau kesalahan pada waktu pengerjaan.

0 comments:

Post a Comment