Areal Penyimpanan Log


Walaupun nantinya kayu akan dikeringkan setelah digergaji, cara penyimpanan dan kondisi lapangan untuk penyimpanan log juga ikut membantu hasil akhir pengeringan kayu. Secara tidak langsung ini akan membantu menghemat biaya operasional pengeringan kayu.
Setelah penebangan pohon, kayu log tidak langsung diolah menjadi kayu gergajian. Beberapa proses harus dilakukan dalam waktu tertentu tergantung lokasi dan tujuan penggunaan kayu log.

Kurang lebih beberapa minggu sejak penebangan, loading ke truk dari dalam hutan menuju lokal logyard hingga pengapalan log sudah dijaga sedemikian rupa supaya tetap utuh dan tidak rusak.

Apabila proses yang panjang tersebut ternyata setelah log tiba di penggergajian atau pabrik furniture diletakkan di sembarang tempat tanpa memperhatikan akibatnya terhadap kualitas kayu akan sangat mengurangi nilai ekonomis log tersebut.

Log sebaiknya diletakkan di atas permukaan tanah yang rata dan tidak terlalu lembab. Ini membantu mempertahankan kadar air di dalam log supaya tidak bertambah karena log juga bisa menyusut.
Walaupun log pasti akan berada di luar ruangan, sebaiknya areal yang digunakan diatur agar pada waktu hujan air akan selalu mengalir, tidak mengendap menjadi 'kolam' di areal log. hal ini pasti akan membutuhkan investasi tapi tidak terlalu besar. Atau dengan kata lain tidak akan sebesar kerugian yang akan anda terima apabila log tidak dijaga dalam kondisi yang baik.

Beberapa standar perawatan areal log:
1. Permukaan rata agar memudahkan pemuatan dan pembongkaran.
2. Tidak terdapat genangan air walaupun pada waktu hujan.
3. Diberikan semacam palet di bawah sehingga log tidak langsung menyentuh permukaan tanah.
4. Penumpukan diatur berdasarkan jenis kayu, ukuran diameter dalam tumpukan yang rapih.

Selain pemikiran tentang area penyimpanan, manajemen distribusi pemakaian log juga membantu mengurangi biaya ekstra yang timbul karena log cacat atau rusak. Log setelah masuk area pabrik sebaiknya sesegera mungkin diproses ke penggergajian dan Kiln Dry. Ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah masuknya serangga-serangga pemakan kayu yang mungkin timbul pada waktu penyimpanan yang terlalu lama.

0 comments:

Post a Comment